≡ Menu
Agus Chandra

Mari Dukung Komodo di New 7 Wonders

in Entertainment, Teknologi

Pada postingan kali ini saya ingin mengajak teman-teman sekalian untuk Dukung Komodo di New 7 Wonders. Pulau Komodo menjadi jagoan Indonesia dalam ajang tujuh keajaiban alam baru dunia atau New7Wonders of nature. Tak ada lagi alasan bangsa Indonesia untuk tidak memberikan dukungan bagi Pulau Komodo dalam ajang tujuh keajaiban alam dunia baru. Selain bisa memilih langsung lewat situs New7wonders, masyarakat punya cara yang lebih mudah, yakni melalui pesan pendek (SMS).

Cara Dukung Komodo di New 7 Wonders

ketik ‘Komodo‘ dan kirim ke ‘9818

Layanan SMS yang sebelumnya bernilai Rp1.000 akan diturunkan, nyaris gratis. “Mulai 15 Oktober menjadi Rp1 saja”

Untuk diketahui, kesempatan untuk mendukung Komodo kurang dari 30 hari lagi. Tren voting minggu ini yang dimuat situs New7Wonders menyatakan, Komodo bukan kandidat yang suaranya paling cepat pertumbuhannya. Tanda panah turun berwarna merah masih melekat pada jagoan Indonesia itu.

Empat Misteri Komodo yang Berhasil Dikuak

1. Asal usul Komodo

Meski habitat aslinya di NTT, penelitian ahli pada tahun 2009 menyimpulkan, Komodo ternyata bukan hewan asli Indonesia.

Ahli palaeontologi dan arkeologi dari Australia, Malaysia, dan Indonesia membuktikan tulang Komodo sama dengan tiga fosil hewan yang ditemukan di Queensland. Itu memperkuat teori bahwa Australia adalah tempat evolusi Komodo.

Fosil yang ditemukan di Queensland menunjukan bahwa Komodo berasal dari Australia empat juta tahun yang lalu dan bertahan kira-kira hingga 300.000 tahun lalu.

Para peneliti juga menemukan bahwa Komodo menyebar ke sejumlah wilayah, kemudian sampai di Pulau Flores sekitar 900.000 tahun lalu — rumah terbaik bagi hewan itu.

Sementara di tempat asalnya, Australia, Komodo punah 50.000 tahun lalu — bertepatan dengan saat manusia tiba di Australia. Komodo juga menghilang dan punah di beberapa pulau lain di Indonesia, kecuali Flores.

2. Bisa melahirkan dalam kondisi perawan

Perempuan mungkin bisa hidup tanpa laki-laki, ini setidaknya berlaku untuk Komodo. Biawak raksasa betina bisa menghasilkan bayi tanpa pembuahan jantan.

Flora, Komodo yang tinggal di Chester Zoo, London menjadi buktinya. Pada 2006 lalu, ia melahirkan delapan telur Komodo. Melalui proses partenogenesis – reproduksi aseksual tanpa pembuahan, dalam keadaan perawan.

Kejadian di kebun binatang London itu adalah kali pertamanya partenogenesis pada Komodo yang tercatat terjadi di dunia.

Ilmuwan menguak reproduksi Komodo bisa dilakukan dengan dua cara: seksual atau aseksual, tergantung pada kondisi lingkungan mereka. Di kebun binatang, biasanya Komodo betina ditempatkan terlisah dari yang lain.

3. Misteri gigitan mematikan Komodo

Meski berbadan besar – bisa mencapai 3 meter, gigitan Komodo termasuk lembek. Namun, entah bagaimana, kadal raksasa itu bisa memangsa hewan besar, seperti kerbau misalnya.

Apa rahasia gigitan Komodo?

Ahli biologi dari University of New South Wales, Australia menemukan, dalam mulut Komodo terdapat beberapa lusin gigi setajam silet.

Gigi runcing itu dikombinasikan dengan otot kuat di lehernya yang gemuk. “Kombinasi teknik makan cerdas dan tajamnya gigi, memungkinkan gigitannya bisa berakibat mematikan,” kata ahli biologi, Stephen Wroe.

Untuk menguak misteri gigitan Komodo, para ahli membangun sebuah model kepala dan tenggorokan hewan itu dengan perangkat lunak. Rahang Komodo boleh saja lemah, tapi 100 juta tahun evolusi telah memberinya senjata yang ampuh.

“Komodo punya teknik makan yang unik, terus menerus menarik makanannya.” Ia menangkap mangsanya dan menghujamkan 60 gigi tajam. Menutupi kekurangan gigitan yang lemah, otot tenggorokannya yang kuat akan menarik mangsa masuk ke perut.”

Komodo akan menelan utuh-utuh mangsanya dan memuntahkan sisa-sisa yang tak dapat ia cerna: rambut dan sebagian tulang.

4. Di balik air liur Komodo yang mematikan

Selain keunikan teknik makannya, Komodo juga memiliki senjata lain untuk melumpuhkan mangsanya: air liur.

Meski seekor hewan bisa lolos dari serangan Komodo, ia segera melemah dan akhirnya mati.

Untuk jangka waktu yang lama, peneliti menduga, bakteri di air liur hewan itu bertanggung jawab menimbulkan luka infeksi yang parah pada korbannya. Bakteri itu meracuni darah korban.

Namun, dugaan itu terbantahkan pada tahun 2005 lalu. “Adanya bakteri dalam air liur Komodo atelah menjadi dongeng ilmiah,” kata Bryan Fry, peneliti racun di University of Melbourne, Australia.

Fry dan timnya mempelajari susunan biokimia dalam air liur Komodo. Mereka menemukan, racun tersebut bisa dengan cepat menurunkan tekanan darah, mempercepat hilangnya darah, dan membuat korban menjadi syok — hingga tak berdaya melawan.

Para ilmuwan menemukan, apa yang terkandung dalam liur Komodo serupa dengan racun yang dimiliki ular paling berbisa yang hidup di pedalaman Taipan, Australia.

Sementara para rekannya takjub dengan penemuan ini, Fry mengaku tak heran. Sebab, penelitian yang pernah ia lakukan sebelumnya menemukan, sejumlah spesies kadal — seperti Iguana, kadal tak berkaki, dan kadal monitor juga memiliki bisa.

source: VIVAnews

Kata Kunci:

pengertian tanggung jawab menurut para ahli,definisi tanggung jawab menurut para ahli,pengertian pelajar menurut para ahli,pengertian manfaat menurut para ahli,pengertian pembayaran menurut para ahli,pengertian surat masuk menurut para ahli,pengertian ipa menurut para ahli,pengertian presentasi menurut para ahli,pengertian keamanan menurut para ahli,pengertian dari kata pengaruh menurut para ahli

Bantu sebarkan...Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+2Share on LinkedIn0Print this page

About the author: Hai saya Agus Chandra, admin blog sederhana ini. Sangat menyukai dunia blogger dan internet marketing serta pemerhati dunia pendidikan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi melalui halaman contact diatas.

Update Artikel Gratis Langsung ke Email!

Perhatian! Jika anda kesulitan untuk mendownload file dari blog ini atau ada link yang error. Silahkan anda tinggalkan komentar. Akan kami usahakan untuk memperbaikinya.

24 comments… add one
  • Indra

    dukung komodo

  • aditya

    ayo dukung….

    😀
    ketik KOMODO 9818
    😀
    1 rupiah saja

  • mie.

    ayyyo cpett dukung truss pulauy komodo..

  • eki

    komodo go 7 wonders i do

  • cha

    komodo (^o^)/

  • annisa

    ayo bantu trs komodo supaya menjadi tujuh keajaiban dunia

  • cinta

    bersatu kita teguh.. ayoo cepat dukung komodo ( ^ _ ^ )

  • dinnii

    semoga komodo terpilih menjadi tujuh ke ajaiban dunia,,,
    aminn…

  • mahmud

    dukung trussssssss…….. komodo gar terpilih sebagai salah satu keajaiban dunia

    hiduuuuuuup INDONEIA

    • mahmud

      ayoo……… ayo indonesia bisa

  • triana

    komodo

    indonesia

  • mentari

    komodooooooooo??????????????????

    hanya Indonesia yg punyaaaaaaa!!!!!!!

  • hasanah

    ayoooo indonesia dukung terus komodo……………………

  • maleo

    Komodo satu-satunya keajaiban dunia untuk Indonesia

  • Dukung…!!!
    Komodo…!!!
    Lanjutkan…!!!

  • eko

    itulah sbagian kecil ciptaan tuhan yang ada di dunia ini…. Subhannallahh….

  • indra

    saya rasa pengakuan dari unesco sudah cukup, …. untuk mengikuti seven7wonders, hanya akan menghambur2kan uang yang tidak sedikit hanya untuk sebuah pengakuan….. bagi yang belum mengetahui berita mengenai seven7wonders, silakan search lagi di internet….

  • arfan

    tingkatkan!!!!!

  • chen

    ayo indonesia bisa…….semangat!

  • ayo semarakkan dukung komodo

Tinggalkan Komentar