≡ Menu
Agus Chandra

Metode Ilmiah

2.8K Flares 2.8K Flares ×

Metode ilmiah boleh dikatakan suatu pengejaran terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbangan-pertimbangan logis. Karena ideal dari ilmu adalah untuk memperoleh interelasi yang sistematis dari fakta-fakta, maka metode ilmiah berkehendak untuk mencari jawaban tentang fakta-fakta dengan menggunakan pendekatan kesangsian sistematis. Karena itu, penelitian dan metode ilmiah mempunyai hubungan yang dekat sekali, jika tidak dikatakan sama. Dengan adanya metode ilmiah, pertanyaan-pertanyaan dalam mencari dalil umum akan mudah terjawab, seperti menjawab seberapa jauh, mengapa begitu, apakah benar, dan sebagainya.

Metode Ilmiah

professor

Menurut Almadk (1939),” metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran. Sedangkan Ostle (1975) berpendapat bahwa metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.”
Metode ilmiah dalam meneliti mempunyai kriteria serta langkah-langkah tertentu dalam Metode ilmiah bekerja. seperti di bawah ini.
Kriteria
1. Berdasarkan fakta
2. Bebas dari prasangka
3. Menggunakan prinsip-prinsip analisa
4. Menggunakan hipolesa
5. Menggunakan ukuran objektif
6. Menggunakan teknik kuantifikasi

Langkah-langkah
1. Memilih dan mendefinisikan masalah.
2. Survei terhadap data yang tersedia.
3. Memformulasikan hipotesa.
4. Membangun kerangka analisa serta alat-alat dalam menguji hipotesa.
5. Mengumpulkan data primair.
6. Mengolah, menganalisa serla membuat interpretasi.
7. Membual generalisasi dan kesimpulan.
8. Membuat Laporan

KRITERIA METODE IMIAH
Supaya suatu metode yang digunakan dalam penelitian disebut metode ilmiah, maka metode tersebut harus mempunyai kriteria sebagai berikut:
1. Berdasarkan fakta.
2. Bebas dari prasangka (bias)
3. Menggunakan prinsip-prinsip analisa.
4. Menggunakan hipotesa
5. Menggunakah ukuran objektif.
6. Menggunakan teknik kuantifikasi.

6.1. Berdasarkan Fakta
Keterangan-keterangan yang ingin diperoleh dalam penelitian, baik yang akan dikumpulkan dan yang dianalisa haruslah berdasarkan fakta-fakta yang nyata. Janganlah penemuan atau pembuktian didasar-kan pada daya khayal, kira-kira, legenda-legenda atau kegiatan sejenis.

6.2. Bebas dari Prasangka
Metode ilmiah harus mempunyai sifat bebas prasangka, bersih dan jauh dari pertimbangan subjektif. Menggunakan suatu fakta haruslah dengan alasan dan bukti yang lengkap dan dengan pembuktian yang objektif.

6.3. Menggunakan Prinsip Analisa
Dalam memahami serta member! arti terhadap fenomena yang kompleks, harus digunakan prinsip analisa. Semua masalah harus dicari sebab-musabab serta pemecahannya dengan menggunakan analisa yang logis, Fakta yang mendukung tidaklah dibiarkan sebagaimana adanya atau hanya dibuat deskripsinya saja. Tetapi semua kejadian harus dicari sebab-akibat dengan menggunakan analisa yang tajam.

6.4. Menggunakan Hipotesa
Dalam metode ilmiah, peneliti harus dituntun dalam proses berpikir dengan menggunakan analisa. Hipotesa harus ada untuk mengonggokkan persoalan serta memadu jalan pikiran ke arah tujuan yang ingin dicapai sehingga hasil yang ingin diperoleh akan mengenai sasaran dengan tepat. Hipotesa merupakan pegangan yang khas dalam menuntun jalan pikiran peneliti.

6.5. Menggunakan Ukuran Obyektif
Kerja penelitian dan analisa harus dinyatakan dengan ukuran yang objektif. Ukuran tidak boleh dengan merasa-rasa atau menuruti hati nurani. Pertimbangan-pertimbangan harus dibuat secara objektif dan dengan menggunakan pikiran yang waras.

6.6. Menggunakan Teknik Kuantifikasi
Dalam memperlakukan data ukuran kuantitatif yang lazim harus digunakan, kecuali untuk artibut-artibut yang tidak dapat dikuantifikasikan Ukuran-ukuran seperti ton, mm, per detik, ohm, kilogram, dan sebagainya harus selalu digunakan Jauhi ukuran-ukuran seperti: sejauh mata memandang, sehitam aspal, sejauh sebatang rokok, dan sebagai¬nya Kuantifikasi yang termudah adalah dengan menggunakan ukuran nominal, ranking dan rating

LANGKAH DALAM METODE ILMIAH
Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode ilmiah harus mengikuti langkah-langkah tertentu. Marilah lebih dahulu ditinjau langkah-langkah yang diambil oleh beberapa ahli dalam mereka melaksanakan penelitian.
Schluter (1926) memberikan 15 langkah dalam melaksanakan penelitian dengan metode ilmiah. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:
1. Pemilihan bidang, topik atau judul penelitian.
2. Mengadakan survei lapangan untuk merumuskan masalah-malalah yang ingin dipecahkan.
3. Membangun sebuah bibliografi.
4. Memformulasikan dan mendefinisikan masalah.
5. Membeda-bedakan dan membuat out-line dari unsur-unsur permasalahan.
6. Mengklasifikasikan unsur-unsur dalam masalah menurut hu-bungannya dengan data atau bukti, baik langsung ataupun tidak langsung.
7. Menentukan data atau bukti mana yang dikehendaki sesuai dengan pokok-pokok dasar dalam masalah.
8. Menentukan apakah data atau bukti yang dipertukan tersedia atau tidak.
9. Menguji untuk diketahui apakah masalah dapat dipecahkan atau tidak.
10. Mengumpulkan data dan keterangan yang diperlukan.
11. Mengatur data secara sistematis untuk dianalisa.
12. Menganalisa data dan bukti yang diperoleh untuk membuat interpretasi.
13. Mengatur data untuk persentase dan penampilan.
14. Menggunakan citasi, referensi dan footnote (catatan kaki).
15. Menulis laporan penelitian.

Dalain melaksanakan penelitian secara ilmiah. Abclson (1933) mcmberikan langkah-langkah berikut:
1. Tentukan judul. Judul dinyatakan secara singkat
2. Pemilihan masalah. Dalam pemilihan ini harus: a). Nyatakan apa yang disarankan oleh judul. b). Berikan alasan terhadap pemilihan tersebut. Nyatakan perlunya diselidiki masalah menurut kepentingan umum. c). Sebutkan ruang lingkup penelitian. Secara singkat jelaskan materi. situasi dan hal-hal lain yang menyangkut bidang yang akan diteliti.

3. Pemecahan masalah. Dalain niemecahkan masalah harus diikuti hal-hal berikut: a).
Analisa harus logis. Aturlah bukti dalam bnntuk yang sistematis dan logis. Demikian juga halnya unsur-unsur yang dapat memecahkan masalah. b). Proscdur penelitian yang digunakan harus dinyatakan secara singkat. c) Urutkan data, fakta dan keterangan-keterangan khas yang diperlukan d). Harus dinyatakan bagaimana set dari data diperoleh termasuk referensi yang digunakan. e). Tunjukkan cara data dilola sampai mempunyai arti dalam memecahkan masalah. f). Urutkan asumsi-asumsi yang digunakan serta luibungannya dalam berbagai fase penelitian.

4. Kesimpulan
a). Berikan kesimpulan dari hipotesa. nyatakan dua atau tiga kesimpulan yang mungkin diperoleh b). Berikan implikasi dari kesimpulan. Jelaskan bebernpa implikasi dari produk hipotesa dengan memberikan beberapa inferensi.

5. Berikan studi-studi sebelumnya yang pernah dikerjakan yang berhubungan dengan masalah.
Nyalakan kerja-kerja sebelumnya secara singkat dan berikan referensi bibliografi yang mungkin ada manfaatnya scbagai model dalam memecahkan masalah. Dari pedoman beberapn ahli di atas, maka dapal disimpulkan balnwa penelitian dengan mcnggunakan metode ilmiah sckurang-kurangnya dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

5.1. Merumuskan serta mcndefinisikan masalah
langkah pertama dalam meneliti adalah menetapkan masalah yang akan dipecahkan. Untuk menghilangkan keragu-raguan. masalah tersebut didefinisikan secara jelas. Sampai ke mana luas masalah yang akan dipecahkan Sebutkan beberapa kata kunci (key words) yang terdapal dalam masalah Misalnya. masalah yang dipilih adalah Bagaimana pengaruh mekanisasi terhadap pendapatan usaha tani di Aceh?
Berikan definisi tentang usaha tani, tentang mekanisasi, pada musim apa. dan sebagainya

5.2. Mengadakan studi kepustakaan
Setelah masalah dirumuskan, step kedua yang dilakukan dalam mencari data yang tersedia yang pernah ditulis peneliti sebelumnya yang ada hubungannya dengan masalah yang ingin dipecahkan. Kerja mencari bahan di perpustakaan merupakan hal yang tak dapat dihindarkan olch seorang peneliti. Ada kalanya. perumusan masalah dan studi keputusan dapat dikerjakan secara bersamaan.

5.3. Memformulasikan hipotesa
Setelah diperoleh infonnasi mengenai hasil penelitian ahli lain yang ada sangkut-pautnya dengan masalah yang ingin dipecahkan. maka tiba saatnya peneliti memformulasikan hipotesa-hipolesa unttik penelitian. Hipotesa tidak lain dari kesimpulan sementara tentang hubunggan sangkut-paut antarvariabel atau fenomena dalam penelitian. Hipotesa merupakan kesimpulan tentatif yang diterima secara sementara sebelum diuji.

5.4. Menentukan model untuk menguji hipotesa
Setelah hipotesa-hipotesa ditetapkan. kerja selanjutnya adalah merumuskan cara-cara untuk menguji hipotesa tersebut. Pada ilmu-ilmu sosial yang telah lebih berkembang. scperti ilmu ekonomi misalnva. pcnguji’an hipotesa didasarkan pada kerangka analisa (analytical framework) yang telah ditetapkan. Model matematis dapat juga dibuat untuk mengrefleksikan hubungan antarfenomena yang secara implisif terdapal dalam hipotesa. untuk diuji dengan teknik statistik yang tersedia.
Pcngujian hipotesa menghendaki data yang dikumpulkan untuk keperluan tersebut. Data tersebut bisa saja data prime ataupun data sekunder yang akan dikumpulkan oleh peneliti.

5.5. Mengumpulkan data
Peneliti memerlukan data untuk menguji hipotesa. Data tersebut yang merupakan fakta yang digunakan untuk menguji hipotesa perlu dikumpulkan. Bcrgantung dan masalah yang dipilih serta metode pcnelitian yang akan digunakan. teknik pengumpulan data akan berbeda-beda. Jika penelitian menggunakan metode percobaan. misalnya. data diperoleh dan plot-plot pcrcobaan yang dibual sendiri oleh peneliti Pada metodc scjarah ataupun survei normal, data diperoleh dengan mcngajukan pertanyaan-pertanyaan kepada responden. baik secara langsung ataupun dengan menggunakan questioner Ada kalanya data adalah hasil pengamatan langsung terhadap perilaku manusia di mana peneliti secara partisipatif berada dalam kelompok orang-orang yang diselidikinya.

5.6. Menyusun, Menganalisa, and Menyusun interfensi
Setelah data terkumpul. pcneliti menyusun data untuk mengadakan analisa Sebelum analisa dilakukan. data tersebul disusun lebih dahulu untuk mempermudah analisa. Penyusunan data dapat dalam bentuk label ataupun membuat coding untuk analisa dengan komputer. Sesudah data dianalisa. maka perlu diberikan tafsiran atau interpretasi terhadap data tersebut.

5.7. Membuat generalisasi dan kesimpulan
Setelah tafsiran diberikan, maka peneliti membuat generalisasi dari penemuan-penemuan, dan selanjutnya memberikan beberapa kesimpulan. Kesimpulan dan generalisasi ini harus berkaitan dengan hipotesa. Apakah hipotesa benar untuk diterima. ataukah hiporesa tersebut ditolak.

5.8. Membuat laporan ilmiah
Langkah terakhir dari suatu penelitian ilmiah adalah membuat laporan ilmiah tentang hasil-hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut. Penulisan secara ilmiah mempunyai teknik tersendiri.

Kata Kunci:

metode ilmiah,Pengertian produk ilmiah,proses terjadinya pelangi dalam bahasa inggris,proposal penelitian kerapihan berpakaian,pengertian fakta menurut para ahli,PENGERTIAN BERKEMBANG BIAK,manfaat presentasi di dunia pendidikan,manfaat buklet,sistematika metode ilmiah,pengertian pengaruh menurut para ahli

2.8K Flares Twitter 65 Facebook 2.7K Google+ 23 LinkedIn 0 StumbleUpon 0 Reddit 0 2.8K Flares ×

About the author: Hai saya Agus Chandra, admin blog sederhana ini. Sangat menyukai Dunia Blogger dan Internet Marketing, Biasanya menggunakan Cms Wordpress. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi melalui Halaman Contact diatas.

Update Artikel Gratis Langsung ke Email!

Facebook Comments

  • ami

    minta izin copas ya…

    • taufik

      kurang jelas penjelasan nya.
      tlong d tingkatakan kejwlasan nya,supaya yg membaca lebih mudah paham

  • bagus

    kang,mas..maksh infonya ya..moga bermanfaat…thanks

  • putih

    kok gak bisa dicopi sih?
    aku daftar juga gak ada yang masuk ke emailq,

  • Lutfin

    trimakaci atas informasinya

  • NR

    terimakasih mas bwt infonya.. sangat membantu sekali… :)

  • NN

    Pak Agus,perkembangan manusia dalam perspektif islam dan ilmu alamiah modenrnya dmimana ??? Tolong Dijawab ya pak ! Maksih…

  • ita

    bukannya nentuin judul tu tunggu latar belakang masalah dulu pak mohon solusinya saya mau buad tugas akhir

  • lies

    MINTA IJIN COPAS…..TQ…

  • samuel

    kok gk bisa di copy ya??????????

  • sahmin

    ya knpa tidak bisa di mudahkan tuk mndapatkan ini

  • Icha

    kenapa tidak bisa di forward??

  • Travel Haji Plus

    Tulisan yg sangat bagus…

  • gledies rosang

    hmmm , susahh !

  • gledies rosang

    Kokk . nggak bisa di copy yah .. ????????

  • Nirah

    aduhh, kok nggak bisa di copy sihhh ?????

  • dinda

    makasih yah info nya..ini benar2 berguna banget buat aku..boleh ak copas kan,,makasih

  • princess ebii

    kok gak bisa di copy..??

  • si kecil ingin tahu

    ad gak metode ilmiah yg mencakup:
    > tinjauan pustaka
    >kajian teori
    >alat dan bahan
    >metodologi
    ???????????????????????????????????????????????

  • puput spenzaga

    makasih ya , suangat berguna sekali

  • makasih atas informasinya,,,artikelnya cukup bagus

  • gilang

    thanks……

  • Machfudz

    Bisa buat nambah sumber informasi..
    thanks..
    :D

  • trii

    makasih infony… :)

  • dianti

    thank’s infony … :D

  • putrii

    trims yaa infrmsinya, pas bgt lg d btuhin… :p

  • tya

    mksh infony yah, sngt brguna nie…:)

  • santi

    mkasih,,, :)

  • oky

    thanks ya
    bisa bantu sy

  • elisabet nababan

    makasih ya ka………………….,sehingga aku dapet menyelesaikan tugasku.

  • A.S

    gag bisa di copy… :(

  • cenci

    thank’s ya buat bhnnya krn dpt membantu saya u/ mnyelesaikan tugas saya…

  • bang ,, kasi contoh tentang :
    dasar teori
    prosedur penelitian
    analisa data

    makasi sblumnya bang

  • yogi

    thank’s u dh mbantu q….

  • Edi

    sebuah paparan yang bagus, kebetulan sekali saya sekarang sedang menempuh kuliah dengan mata kuliah karya ilmiah.
    bagi saya sangat bermanfaat untuk referensi mata kuliah yang saya sedang pelajari.
    Thank’s banget mas chandra. semoga jadi amal baik..

  • mukhklis

    é bgus buanget ,,moga brmamfaat tuk smuanya,,,,,,

  • publik_service

    thank ya,… selesai deh pr saya

  • alfian

    pak terimakasih ya

  • ketemu juga akhirnya, ijin sedot gan ada yang mau selesaikan tugas ne… trims

  • hasbi

    matur nuwun. infony

  • tiara kusuma

    minta ijin copas dong :( butuh buat baha presentasi

  • tiara kusuma

    pliss butuh buat bahan presentasi besok … boleh ijin copas kan ..

  • ida

    thanks ya, sukses selalu.

  • inne

    mnta ijin copas yaaa

  • Shilvia Syahirachmi

    kasih tau dong,tentang pembelajaran Ilmu Alamiah Dasarnya.
    saya tau pembelajarannya itu pasti jadi dokter

  • Anifara Sylva

    Makasih ya, karena informasi nya aku jadi tau banyak hal tentang Karya Ilmiyah Bahasa Indonesia. Sukses selalu ya !

  • arief

    minta ijin copas donk kaka..

  • Hari

    Makasih mas atas infonya, semoga jadi amal jariyah…

  • Hari

    Mohon izin copas ya mas…

  • novita ariyana

    makacih smua infonya…

  • din amalina

    kereeeeeeeeeeeeeeeeen

  • Nadila

    Alhamdulillah ya,,,,

    Sangat berguna…..

  • Ahafizh

    Minta izin copast

  • NIKSON MAKALU

    kenapa tidak bisa dikopi pada hal saya sangat membutuhkannya.

  • ola ola

    seperti yang ada di buku yg aku beliiiiiii….. tp ga bisa dicopi…. aq karna malas ngetik makanya cari yng praktisss ehhh taunya……………..

  • logi

    sip…
    trima kasih yaaa..
    ini akan berguna bagi saya untuk belajar….
    tank’s

  • hsyabubakaralqadrie

    Thanks artikelnya

  • Bukhari Aceh

    bagaimana cara download

  • Karib

    Tolong di perjelaskan lebih terperinci, Agar mudah di mengerti

    Terima kasih

  • agea

    pio x ndk d copy q paya muka tau d tu q do nk mka….

  • Ria indriani

    tlong dong kasih penjelasan tujuan dari referensi…
    makasih yaa sblm nya..:) d tunggu blsn scptnya

  • asep.

    makasih info .nya hatur nuhun pisann..

  • lia

    m,bak tolong donk tampilkan penelitian ilmiah lengkap degan pgunaan alat dan agran yang harus dikeluarkan dalam prosedur ilmiah

  • maaf kang, boleh kritik?
    kata katanya terlalu bertele tele, bisa tolong diperjelas dan dipersingkat lagi biar anak anak juga gampang mengerti..
    terimakasih

  • Hau

    tnx kk sangat membantu

  • ian

    Terima kasih banyak.
    Artikelnya sangat membantu saya.

  • Robby

    izin copas dong

Leave a Comment

Next post:

Previous post: